Bupati Kolaka Utara : Program Pertanian Butuh Dukungan dan Keseriusan Semua Pihak

  • Whatsapp

Koluttimes – Bupati Kolaka Utara Drs. H. Nur Rahman Umar, MH didampingi Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Drs. Syamsu Ridjal, MH menghadiri Pesta Panen Jagung yang berlokasi di Desa Matewoi Kec. Ngapa, Rabu 10/02/2021.

Jagung yang dipanen merupakan hasil dari Program Rural Empowerment and Agricultural Development Scalling Up Initiative (READSI) yang merupakan salah satu program kementrian pertanian.

Bacaan Lainnya

Kelompok Tani Puncak Harapan yang menanam di atas lahan seluas 1,7 ha awalnya hanya mampu memproduksi jagung 7-8 ton, namun setelah mendapatkan bantuan Readsi hasil produksi hingga 13 – 14 ton.

Program ini bertujuan mendukung terwujudnya kedaulatan pangan dan meningkatnya kesejahtraan petani serta mendukung suksesnya program regenerasi petani.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Syamsu Ridjal dalam kegiatan ini melaporkan di tahun 2020 sebanyak 3.125 petani penerima manfaat Program Readsi di Kolut telah menerima bansos sarana produksi sebesar Rp. 7.508.679.350.

Sementara itu Bupati Kolaka Utara Nur Rahman Umar mengapresiasi kelompok tani Readsi yang mensukseskan program pemerintah di bidang pertanian khususnya program tanaman jagung. Dia berharap keberhasilan kelompok tani ini bisa menjadi contoh untuk kelompok tani yang lain.

Nur Rahman menambahkan program Readsi ini sejalan dengan program Revitalisasi Kakao yang menjadi program utama Kolaka Utara. Agar hasilnya bisa sesuai harapan maka dibutuhkan dukungan dan keseriusan dari para petani termasuk semua pihak atau stakeholder. Harapannya ke depan harga komoditi bisa naik.

“Program sebagus apapun itu jika tanpa dukungan dari para petani maka akan sulit dicapai. Revitalisasi Kakao bertujuan untuk meningkatkan kesejahtraan masyarakat maka dari itu, diharapkan keseriusan dari semua pihak terutama masyarakat tani dan pemerintah akan terus berusaha mendukung sehingga harga komoditi bisa naik,” ucap Nur Rahman Umar.

Beberapa hal yang menjadi faktor pendukung menurut Nur Rahman seperti pendirian pabrik kakao, pembangunan pelabuhan peti kemas dan pembangunan bandar udara. Sehingga memudahkan investasi masuk ke Kolaka Utara.

Bupati Kolaka Utara juga mengingatkan masyarakat agar tetap waspada dengan virus covid-19 dan mau divaksin karena itu semua bertujuan memutus penyebaran virus corona.

“Saya orang pertama di Kolaka Utara yang divaksin bukan karena jabatan saya sebagai bupati tapi karena saya pikir itu adalah kebutuhan saya,” tutup Nur Rahman Umar.

Reporter : Yuda Ahmad
Penulis : Yuda Ahmad
Editor : Emil Halim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *