Launching Pojok Baca Digital Pertama di Kolaka Utara

  • Whatsapp

Koluttimes – Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Kolaka Utara dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kolaka Utara berkolaborasi launching Pojok Baca Digital (POCADI) di Taman Budaya Lasusua, senin (22/02/2021).

Pojok Baca Digital (POCADI) ini berada di Taman Budaya yang berada di Lokasi Pasar Lama Lasusua. Pocadi ini direncanakan buka setiap hari meski hari libur, terkecuali hari raya besar. Dalam pelayanan terkait POCADI gratis tanpa dipungut biaya apapun. Fasilitas-fasilitas yang disiapkan dipojok baca ini seperti buku, PC, tv, meja, kursi, iped, wifi, serta beberapa fasilitas lainnya.

Bacaan Lainnya

Asisten 1 Drs. Ashar, MM. Dalam sambutannya sekaligus meresmikan POCADI ini mengatakan, dengan adanya POCADI ini, semoga dapat menambah semangat serta menggugah kesadaran kita akan pentingnya budaya literasi.

“Semoga keberadaan pojok baca digital ini, menjadi tempat bagi anak-anak kita serta masyarakat untuk menambah ilmu, agar bisa diamalkan dan diimplementasikan,” ujar Drs. Ashar, MM.

Program POCADI ini menjadi salah satu program yang sesuai dengan kemajuan teknologi, informasi, dan komunikasi serta kebutuhan masyarakat. Memberikan kemudahan akses informasi bagi masyarakat Kolaka Utara.

Tempat POCADI yakni Taman Budaya, menjadi tempat yang sangat strategis, banyak masyarakat yang datang disore hari untuk bersantai, dan menghabiskan waktu bersama keluarganya.

H. Muh. Idrus, S.Sos, M.Si yang menjabat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kolaka Utara menyampaikan ini adalah bentuk kolaborasi antar dua dinas terkait yang saling bekerja sama. Kedepan dalam upaya menghidupkan suasana disini, kita akan mendorong semua bentuk kegiatan keseniaan dan kebudayaan terpusat disini.

“Melalui kegiatan ini juga saya mau sampaikan, atas restu Pak Bupati Kolaka Utara, taman ini kita rubah namanya, dari Taman Budaya menjadi Taman Literasi dan Adipura. Dan mejadi titik nol Kolaka Utara” kata H. Muh. Idrus, S.Sos, M.Si.

Selain itu, Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Kolaka Utara Syahril, S,Pd menambahkan, bahwa program ini berasal dari bantuan Perpustakaan Nasional atas prestasi Perpustakaan Daerah Kabupaten Kolaka Utara melakukan Program Nasional Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Anggaran bantuan yang dikucurkan dalam program ini kurang lebih Rp. 300 juta rupiah.

“Perpustakaan Daerah Kabupaten Kolaka Utara sebenarnya mengusulkan dua titik lokasi Pocadi, namun hanya satu titik bantuan yang diberikan. Dan perlu diketahui, bahwa Pojok Baca Digital ini adalah kali pertama yang ada di Kolaka Utara,” tutup Syahril, S.Pd.

Penulis : Emil Halim
Editor : Emil Halim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *