Kegiatan RuBI Bantu Tingkatkan SDM Bidang Pendidikan di Kolut

  • Whatsapp

Koluttimes – Kegiatan Ruang Berbagi Ilmu (RuBI) sukses dilaksanakan. Kegiatan ini dilaksanakan di Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Kolaka Utara. Kali ini Kolaka Utara menjadi tuan rumah pelaksana mulai tanggal 27-28 Februari 2021. Kegiatan dibuka oleh Andi Idah S.Sos yang mewakili Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Kolaka Utara, sabtu (27/02/021).

Selain Panitia Lokal RuBI Kolaka Utara, kegiatan ini juga dihadiri oleh pihak Perpustakaan Daerah, tim dokumentator lokal, Lokal Trainer sebanyak 12 orang, masing-masing 6 orang dari pegiat literasi, dan 6 orang dari pihak guru.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya Andi idah S.Sos mengucapkan terima kasih banyak kepada relawan pengerak literasi di Kabupaten Kolaka Utara, karena Perpustakaan Daerah terpilih menjadi tempat penyelengaraan kegiatan RuBI.

“Kami sanggat mengapresiasi kegiatan ini, karena sangat bersinergi dengan kegiatan-kegiatan perpustakaan. Apa lagi dimasa pandemi saat ini, kami sangat terbantu dalam bidang pengembangan SDM di bidang pendidikan, dan kami siap memfasilitasi apapun yang dibutuhkan selama kegiatan RuBI berlangsung,” ujar Andi idah S.Sos.

Ruang Berbagi Ilmu (RuBI) merupakan gerakan kerelawanan yang mengajak masyarakat dari berbagai latar belakang untuk terjun langsung dalam usaha peningkatan kualitas Pengerak Pendidikan di seluruh Indonesia.

Dengan visi dan misi yaitu bersama-sama mencerdaskan kehidupan bangsa melalui peningkatan kualitas penggerak pendidikan sesuai dengan karakteristik daerah.

Andi Akbar Herman, S.H., M.H selaku panitia menjelaskan, kegiatan ini adalah salah satu program Indonesia mengajar yang di gagas oleh pak Anis Baswedan, selain kegiatan Ruang Berbagi Ilmu, ada juga kegiatan kelas inspirasi (KI), program seribu guru, dan kegiatan lainnya bersifat pendidikan.

“Kabupaten Kolaka Utara kebetulan di tahun 2021 ini, ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggara kegiatan RuBI dari beberapa Kabupaten yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia. Kolaka Utara menjadi tuan rumah Alhamdulillah,” ungkap Andi Akbar Herman, S.H., M.H.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini dari relawan profesional dengan berbagai latar belakang yang telah diseleksi oleh Panitia Pusat RuBI. Setelah itu Local Trainer dibina, dididik, belajar dengan materi yakni, Disiplin Positif, Teknologi dalam Pembejaran Jarak Jauh, Kurikulum, Asesmen, dan Metode Belajar Kreatif. Menggunakan metode pembelajaran RuBI Flexi (Blended Learning) online dan offline. Setelah itu, Local Trainer akan menjadi influencer bagi peserta selanjutnya sebanyak 30 orang yang dilaksanakan tanggal 6-7 Maret 2021.

Rina Komariah S.pd sebagai peserta Local Trainer mengungkapkan, kegiatan ini manfaatnya sangat besar, khususnya untuk tenaga pendidik di kolut. Selain untuk menambah teman, kegiatan ini bisa menambah wawasan guru. Karena banyak materi yang berkaitan dengan guru, misal cara disiplin positif, pembelajaran yang menarik menggunakan teknologi serta kurikulum, assesment dan metode pembelajaran. Dengan itu semua, guru jadi bisa menerapkannya di sekolah.

“Saya sangat bersyukur bisa menjadi peserta di kegiatan RuBI. Adanya kegiatan seperti ini, saya banyak mendapat ilmu baru yang belum saya ketahui. Semoga setelah kegiatan ini, kedepannya makin sering lagi diadakan pelatihan seperti ini,” tutup Rina Komariah S.pd.

Reporter : Yuda Ahmad
Penulis : Emil Halim
Editor : Emil Halim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *