Dinas Perikanan Kolut Gelar Pelatihan Berwirausaha

  • Whatsapp

Koluttimes – Bupati Kabupaten Kolaka Utara Drs. H. Nur Rahman Umar, MH membuka kegiatan pelatihan pengolahan produksi hasil perikanan yang bermutu dan berdaya saing yang dilaksanakan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Kolaka Utara, Rabu (17/03/2021)

Acara pelatihan tersebut diikuti oleh masyarakat perwakilan desa yang berlangsung di hotel utama Lasusua. Sebanyak 30 orang ibu-ibu mengikuti pelatihan, dari 15 usaha mikro dan kecil yang tersebar di beberapa kecamatan bagian utara.

Bacaan Lainnya

Nur Rahman Umar berharap, agar pengembangan sektor perikanan terus ditingkatkan dan diperhatikan, agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan sehingga tingkat kemiskinan bisa ditekan.

“Pelatihan ini jangan hanya sampai disini, harap dibimbing dan difasilitasi sampai bisa mandiri. Kedepan, kita juga merencanakan membangun pusat oleh-oleh di Kolaka Utara, sehingga hasil produksi UMKM bisa di pasarkan,” ungkap Nur Rahman Umar.

Saat ini, Pihak Pemda Kolaka Utara terus mendorong potensi usaha dari sektor perikanan untuk pengelolaan hasil laut. Seperti, abon ikan, bakso ikan, krupuk ikan, amplang berbahan ikan, dan lain sebagainya. Apalagi industri rumahan ini terjamin dengan ketersediaan bahan baku usaha tersebut.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kolaka Utara, Zakaria Bakrie mengatakan, kami akan mengawal para pelaku UMKM ini setelah pelatihan tersebut, tidak hanya sampai disini saja. Sehingga kendala-kendala yang muncul nantinya dalam proses produksinya, seperti persoalan modal usaha, akan kita bantu mencarikan solusi mendapatkan dana KUR dengan bunga yang rendah.

“Kami akan berkordinasi dengan dinas terkait dalam membina UMKM ini, seperti Dinas Industri dalam hal alat produksi, Dinas Perdagangan untuk lebel halalnya, serta dinas lainnya yang bisa membantu agar UMKM ini bisa terus berproduksi dan berkembang,” tutup Zakaria Bakrie.

Penulis : Emil Halim
Editor : Emil Halim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *