Kegiatan P2K2, Upaya Meningkatkan Kapasitas SDM Desa Lambuno

  • Whatsapp

Koluttimes – Pendamping PKH Kecamatan Katoi, Kabupaten Kolaka Utara, melakukan kegiatan rutin Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) Modul Ekonomi Sesi 3 untuk memulai usaha sekaligus praktik pembuatan gula jahe merah serai di perpustakaan Desa Lambuno.

Pendamping PKH bekerjasama dengan Perpustakaan Desa Lambuno (Perpusdes), Kecamatan Katoi, melaksanakan pertemuan sekaligus praktik Pembuatan Gula Jahe Merah Serei di Perpustakaan Desa Lambuno, Sabtu (21/03/2021).

Bacaan Lainnya

Kegiatan P2K2 tersebut pesertanya adalah KPM (Keluarga Penerima Manfaat) PKH (Program Keluarga Harapan) Desa Lambuno, kemudian dibagi menjadi 2 kelompok. Kegiatan tersebut didampingi oleh Pendamping PKH Kecamatan Katoi Hj. Andi Fatima Banri, S.Sos, dan pemilik GUJAMES (Gula Jahe Merah Serei), Mulyati, S.Pd. Pengelolah Perpustakaan Desa Lambuno sebagai Layanan Teknis, Jumarnia, dan Kepala Perpustakaan Desa Lambuno Misrawati, SE.

Pendamping PKH Kecamatan Katoi Hj. Andi Fatima Banri, S.Sos mengatakan, kegiatan P2K2 (Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga) modul ekonomi sesi 3 memulai usaha, diharapkan KPM PKH Desa Lambuno terinspirasi untuk memulai usaha, sehingga bisa lepas dari bantuan PKH atau graduasi mandiri.

“Tidak hanya sekadar menyampaikan materi, tetapi mereka butuh keterampilan, salah satunya dengan praktik seperti yang dilakukan. Mereka bisa melihat secara langsung proses cara pembuatan GUJAMES (Gula Jahe merah Serei),” ungkap Hj. Andi Fatima Banri, S.Sos.

Kegiatan tersebut hasil kerjasama pengelolah Perpusdes lambuno, Pemilik GUJAMES, dan PDP PKH Kecamatan Katoi, atas permintaan ibu-ibu KPM PKH yang ingin membuat secara langsung cara pembuatan GUJAMES.

Jumarnia mengharapkan, kedepannya, ibu-ibu yang telah ikut pelatihan tidak sekadar ikut pelatihan saja, tapi nantinya ada yang bisa meneruskan untuk membantu perekonomian rumah tangga mereka.

“Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga ini sangat bermanfaat, karena dengan adanya pertemuan tersebut, ibu-ibu termotivasi untuk membuat usaha sendiri dan bisa memanfaatkan tanaman disekitar, seperti jahe merah dan serei, yang merupakan salah satu bahan pokok pembuatan gujames,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut mendapat dukungan dari Kepala Desa Lambuno, Masykuri, SH. Dan Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Kolaka Utara.

Sumber : Perpudes Lambuno & PDP PKH Kec. Katoi
Penulis : Emil Halim
Ediotr : Emil Halim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *