Peduli Sekolah Terpencil, Relawan JariKU Berbagi Di Mis Ar-Rashikun Sikonda Desa Saludongka

  • Whatsapp

Koluttimes – Komunitas Literasi JariKU (Jaringan Relawan Indonesia Kolaka Utara) melaksanakan Sekolah Relawan Jilid III, 2-4 april di Desa Saludongka, Kecamatan Pakue Utara, Kabupaten Kolaka Utara.

Kegiatan tersebut berpusat di sekolah Mis Ar-Rashikun Sikonda yang dinaungi Kementrian Agama Kabupaten Kolaka Utara, yang terletak di Dusun 4, Desa Saludongka. Dengan jumlah murid 20 siswa, sekolah tersebut hanya memiliki 1 ruangan saja, mereka tiap harinya belajar berlantaikan tanah, dinding bocor, tanpa plafon, fasilitas yang tidak memadai, serta buku bacaan yang sangat terbatas.

Bacaan Lainnya

‘’Lihat saja kondisi sekolahnya, kelas berlantaikan tanah, dinding bocor. Semoga kehadiran teman-teman JariKU, bisa memotivasi mereka untuk terus belajar ditengah kondisi ruangan kelas yang tidak memadai,’’ jelas Muh Baso Sulham, salah satu relawan JariKU, saat ditemui wartawan, Senin (5/4/2021).

Muh Baso sulham, mengharapkan, pemerintah kedepannya bisa memberi perhatian khusus terkait kondisi sekolah ini, agar bisa mendapatkan sarana dan prasarana yang baik, agar kesempatan mendapatkan pendidikan di daerah terpencil dan di kota mendapatkan hak yang sama.

Kepala Desa Saludongka, Isnandar M. Gaus, mengatakan, mewakili aparat Desa Saludongka, kami sangat berterima kasih kepada JariKU, karena sudah mau berbagi, bermain, belajar bersama adik-adik di sekolah Ar-Rashikun Sikonda yang jaraknya cukup jauh.

“Saya berharap relawan JariKU setelah kegiatan Sekolah Relawan ini, bisa mengadakan English Camp bagi siswa yang aktif dan yang putus sekolah di Saludongka,” kata Isnandar M. Gaus.

Selama 3 hari di Desa Saludongka, selain bergiat dengan siswa sekolah Ar-Rashikun Sikonda, relawan JariKU juga bergiat dengan siswa SD Negeri 7 Pakue, ibu-ibu Desa Saludongka, aparat Desa Saludongka, Karang Taruna Desa Saludongka, dan tenaga pengajar SD Negeri 7 Pakue.

Relawan JariKU juga menyalurkan hasil donasi kepada adik-adik yang hadir, berupa mainan anak, Iqro 62 buah, Al-qur’an 3 buah, mukenah anak, buku 3 pak, krayon 13 pak, pulpen 4 pak, pensil 2 pak, penghapus 1 pak, peraut 1 pak, dan buku gambar 10 buah.

Untuk diketahui, selain relawan lokal, kegiatan tersebut juga dihadiri relawan luar Kolaka Utara 11 orang. Kegiatan JariKU juga mendapatkan dukungan dari Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Kolaka Utara, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kolaka Utara, Dinas Catatan Sipil Kabupaten Kolaka Utara.

Penulis : Emil Halim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *