Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sultra Apresiasi Kinerja Perpusda Kolut

  • Whatsapp

Koluttimes – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) beserta jajaranya mengadakan kunjungan kerja ke Dinas Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Kolaka Utara. Jumat (30/4/2021)

Kunjungan tersebut dalam rangka monitoring terkait pembinaan Perpustakaan Desa di Kolaka Utara oleh Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Kolaka Utara. Ada dua Perpustakaan Desa yang dikunjungi yakni, Perpustakaan Desa Lambuno, Kecamatan Katoi, dan Perpustakaan Desa Ponggiha, Kecamatan Lasusua.

Bacaan Lainnya

Herlina, selaku penanggung jawab program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, yang juga menjabat Kepala Seksi Layanan dan Kerjasama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sultra, menyampaikan, kinerja Perpusda Kolut sangat luar biasa, ada perkembangan dari tahun ke tahun. Melalui pembinaannya, telah mendorong Aparat Desa memfasilitasi keterlibatan masyarakat dalam kegiatan-kegiatan di Perpustakaan Desa.

“Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Kolaka Utara selalu menjadi perbincangan di tingkat Nasional maupun Provinsi dalam hal kemajuan dan perkembangannya. Saya sangat mengapresiasi semangat teman-teman Perpusda Kolut dalam upaya mewujudkan program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial,” kata Herlina.

Herlina menambahkan, Perpusda Kolut juga telah berkolaborasi dengan komunitas pegiat literasi dengan berbagai item kegiatan yang ada di Kolaka Utara. Ia menyebut, sangat mengapresiasi komunitas tersebut, karena merupakan salah satu stimulus dalam rangka terwujudnya Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Sehingga Perpusda Kolut kini telah hadir ditengah-tengah masyarakat Kolaka Utara.

Sementara itu, Kepala Desa Ponggiha, Kecamatan Lasusua, Rahmat SE, mengatakan, perpustakaan Desa Ponggiha menjadi perpustakaan digital pertama di Kolaka Utara. Untuk itu, kami mengusulkan kepada pihak Perpus Provinsi Sultra dan Perpusda Kolut program cara mengakses buku lewat digital tanpa perlu membeli buku.

“Pemerintah Desa Ponggiha telah menyiapkan komputer di Perpustakaan Desa Ponggiha. Makanya kami mengusulkan program akses buku lewat internet, agar masyarakat tidak repot lagi membeli buku,” ungkap Rahmat.

Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Kolaka Utara, Syahril S.Pd, yang turut mendampingi dalam kunjungan tersebut, mengungkapkan, kunjungan ini menjadi motivasi kami untuk terus berbenah dan berbuat, kami selalu berupaya maksimal agar perpustakaan dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kolaka Utara.

“Pencapaian Perpusda Kolut hari ini berkat kerjasama yang baik antara staf, pegawai, serta komunitas yang bekerja sama dengan kami. Sehingga Perpusda Kolut bisa sampai di tahap ini,” tutup Syahril.

Penulis : Emil Halim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *