Pemda Kolaka Utara Gelar Aksi Penanaman Kakao Bersama di Kecamatan Tolala

  • Whatsapp

Koluttimes – Pemerintah Daerah Kolaka Utara melakukan Aksi Penanaman Kakao Bersama di kegiatan Pengembangan Kapasitas Kelembagaan Petani di Desa Lawaki Jaya, Kecamatan Tolala. Selasa (6/7/2021)

Kegiatan tersebut dihadiri Asisten III, Ir. Idris, MM, yang mewakili Bupati Kolaka Utara, Forkopimda, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta masyarakat tani.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan, Ismal Mustafa, ST., menyampaikan, Aksi Penanaman Kakao Bersama ini merupakan bantuan pertama dari program Revitalisasi Kakao untuk Kecamatan Tolala. Setelah dilihat dari tanaman kakao masyarakat sekitar, ternyata tanaman kakao di Desa Lawaki Jaya tumbuh baik dan subur.

“Selain melakukan penanaman kakao bersama, kami juga berkunjung ke lokasi peternakan ayam petelur untuk memantau perkembangan produksinya,” kata Ismal Mustafa

Lebih lanjut, Ismal Mustafa menambahkan, untuk peternakan ayam petelur ada dua desa, yaitu Desa Lawaki Jaya dan Desa Patikala. Dua desa tersebut menjadi lokasi percontohan peternakan ayam petelur yang sudah berproduksi, dan tahun ini akan dilanjutkan kembali bantuan kepada masyarakat.

“Dengan adanya peternakan ini, semoga kebutuhan telur di Kecamatan Tolala, bahkan daerah bisa terpenuhi, dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutur Ismal Mustafa.

Sementara, Ir. Idris, MM., mengatakan, Program Revitalisasi Kakao merupakan cara untuk mengembalikan kejayaan kakao seperti masa lalu. Dengan harapan, coklat bisa menjadi icon Kolaka Utara, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk mencapai tujuan itu, kini sudah ditunjang dengan adanya pabrik kakao.

“Kakao merupakan tanaman ekspor yang harganya cenderung stabil, beda dengan komoditi lainnya yang harganya berubah-ubah. Jangan setelah ditanam, dibiarkan tanpa perawatan atau pemeliharaan,” tutup Idris.

Sumber : Kominfo Kolut
Penulis : Emil Halim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *