Kembali Torehkan Prestasi, MTsN 1 Kolut Wakili Sultra Dalam Kompetisi Myres 2021 Tingkat Nasional

  • Whatsapp

Koluttimes – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kolaka Utara (Kolut) kembali torehkan prestasi, setelah dinyatakan lolos dalam seleksi mengikuti kompetisi Madrasah Young Researcher Super Camp (Myres) 2021. Sabtu, (28/8/2021)

Kegiatan Myres tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kementerian Agama Republik Indonesia.

Bacaan Lainnya

Dari sekitar 7.700 judul penelitian yang masuk ke panitia pusat, ada 50 judul penelitian dinyatakan lolos pada tahapan persentase proposal, MTsN 1 Kolaka utara merupakan salah satu kontestan yang dinyatakan lolos dalam judul penelitian pada bidang sosial dan humaniora.

Rasmang, S.Ag, M.Pd, selaku Kepala MTsN 1 Kolaka Utara, yang juga merangkap selaku Guru Pembimbing mengatakan, lomba ini adalah lomba yang sangat kompetitif, sebab bersaing dengan seluruh Madrasah se-Indonesia. Namun karena ketekunan pelatih dan siswa selaku peneliti, sehingga bisa diperikan kepercayaan untuk mewakili Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam kompetisi ini.

“Kami sudah berada di TOP 50, selanjutnya akan terseleksi menjadi TOP 15” kata Rasmang, S.Ag, M.Pd.

Siswa MTsN 1 Kolut yang ikut dalam lomba penelitian tersebut yakni, Muhammad Prajab Maulana dan Mustaqimah, keduanya merupakan siswa kelas IX unggulan MTsN 1 Kolut.

Adapun judul penelitiannya, “Dampak Eksplorasi Ore Tambang Terhadap Kehidupan Sosial Pada Masa Pandemi Covid 19 Dusun Lanipa-Nipa, Desa Sulaho, Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara”

Prajab Maulana, salah satu peneliti menjelaskan, yang akan kami teliti adalah dampak sosial terhadap warga yang ada di dusun Lanipa-nipa, Desa Sulaho.

“Apakah memberikan dampak terhadap kehidupan masyarakat yang ada di sana pasca eksplorasi, atau seperti apa nantinya, nanti kita lihat dalam hasil penelitian,” ungkap Prajab Maulana.

Untuk diketahui, Madrasah Young Researcher Super Camp (Myres) 2021, adalah ajang lomba yang diikuti oleh siswa Madrasah se-Indonesia untuk melatih siswa dalam bidang penelitian.

Ada tiga kategori bidang penelitian yang di perlombakan, antara lain, Ilmu Sosial dan Humaniora, Ilmu Keagamaan Islam, Ilmu Matematika, Sains dan Pengembangan Teknologi. Lomba ini bertujuan untuk melatih siswa-siswi Madrasah melakukan penelitian.

Penulis : Emil Halim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *