Komunitas Passikolangta’ Menggelar Wisata Edukasi ke Polres Kolut dan BPBD Kolut

  • Whatsapp

Koluttimes – Komunitas Passikolangta’ yang bergerak dibidang pendidikan menggelar Wisata Edukasi dengan tema “Manjo-Manjo” bagi peserta didik sekolah dasar yang ada di Desa Tojabi, Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut).

Ini merupakan program kerja rutin tiap tahunnya dari Komunitas Passikolangta’ yang terdiri dari Pemuda Pemudi Desa Tojabi tersebut. Ini merupakan program tahap kedua setelah sebelumnya dilaksanakan ditahun kemarin. Sabtu (19/6/2022)

Bacaan Lainnya

Dalam kegiatan tersebut, Komunitas Passikolangta’ mengajak peserta didik untuk berkunjung ke Polres Kolaka Utara dan Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kolaka Utara pada Jumat, 18 juni 2022.

Muhammad Rifai, selaku kordinator Komunitas Passikolangta’ mengatakan, kegiatan ini bertujuan sebagai wadah adik-adik belajar hal-hal dasar yang berkaitan dengan apa-apa saja yang ada di Polres Kolut dan BPBD Kolut.

“Tidak hanya itu, kegiatan ini juga diharapkan bisa menjadi media belajar yang lebih menyenangkan bagi adik-adik peserta didik karena mereka bisa belajar secara langsung di lokasi giat Manjo-Manjo,” tutur Muhammad Rifai.

Kegiatan dari Komunitas Passikolangta’ disambut hangat pihak Polres Kolut, peserta didik diajak berkeliling di Kantor Polres Kolut untuk lebih mengenal tugas dan fungsi seorang polisi, serta melihat keadaan Kantor Polisi itu sendiri. Selain itu, peserta didik diberikan penjelasan arti tanda-tanda lalu lintas dan penyampaian materi.

Kepala Unit Keamanan dan Keselamatan Lalu Lintas, Muhtar menyampaikan, kami sangat mengapresiasi kehadiran Passikolangta’ di Polres Kolut. Ini pertamakalinya kami mendapat kunjungan dari komunitas yang membawa peserta didik untuk berkunjung ke kantor kami.

“Semoga setelah mendapat pengarahan tentang tugas dan fungsi kepolisian secara umum, dan secara khusus memahami pentingnya aturan lalu lintas, rambu-rambu lalu lintas, aturan berkendara, dan lain-lain, adik-adik bisa termotivasi dan dapat mengikuti segala aturan berlalu lintas,” ucap Muhtar

Sementara itu, setibanya di Kantor BPBD Kolut, peserta didik diberikan materi tentang sejarah singkat dan tugas BPBD, mengenalkan macam-macam bencana, baik bencana alam maupun non alam.

Kemudian mengajak peserta didik melihat secara langsung peralatan yang tersedia di BPBD Kolut. Tak hanya itu, Safrin,SH, salahsatu staf BPBD Kolut, secara langsung menjelaskan apa yang harus dilakukan ketika terjadi bencana. Kunjungan di BPBD Kolut ditutup dengan membagikan snack melalui kuis interaktif bersama peserta didik.

Penulis : Emil Halim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *