Inovasi Disdukcapil Kolut Masuk Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Tahun 2022

  • Whatsapp

Koluttimes – Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2022 yang digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah usai. Hal tersebut ditandai telah diumumkannya Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Tahun 2022.

Penetapan Top Inovasi ini tertuang dalam Keputusan Menteri PANRB No. 289/2022 tentang Top Inovasi Pelayanan Publik KIPP di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMD, dan BUMD Tahun 2022.

Bacaan Lainnya

Dalam pengumuman tersebut, Inovasi Si LAKU O2T (Sistem Layanan Adminduk Kolaka Utara Offline, Online dan Terintegrasi) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) masuk dalam daftar Top 45 KIPP Tahun 2022.

Kepala Dinas (Kadis) Disdukcapil Kolut, Drs. Buhari, MM mengatakan, syukur alhamdulillah prestasi yang luar biasa bagi kami Dinas Dukcapil Kolut, SI LAKU O2T masuk Top 45 KIPP Tahun 2022.

“Untuk bisa sampai ditahap ini kami melalui proses yang sangat panjang, 2 bulan lebih mulai dari pendaftaran hingga proses pengumuman,” tutur Buhari.

Lebih lanjut, Buhari menjelaskan, di awal seleksi ada 3.478 inovasi yang terdaftar ikut berkompetisi. Disaring menjadi 1.000 lebih inovasi, terus masuk nominasi finalis menjadi 198 inovasi, kemudian ditahap final ada 99 inovasi. Dan terakhir disaring menjadi Top 45 inovasi.

“Top 45 inovasi ini menjadi juara bersama. Tak pernah terlintas bisa sampai titik ini. Semoga inovasi ini tetap bisa kami kawal, lanjutkan, tingkatkan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kolut,” ucap Buhari.

Berdasarkan salahsatu komentar dewan juri, lanjut Buhari, luar biasa inovasi Disdukcapil Kolut ini, menggabungkan pelayanan online dan offline, sangat sederhana tapi menyentuh ke masyarakat.

“Selain itu, ada 2 aspek yang paling menonjol. Pertama, adanya perbaikan kinerja Disdukcapil sehingga melampaui semua target nasional, padahal tahun 2019 kita berada dizona merah. Kemudian yang kedua, kedekatan pelayanan kepada masyarakat. Inilah nilai-nilai plus sehingga inovasi SI LAKU O2T ini masuk Top 45 KIPP Tahun 2022,” tutup Buhari.

Penulis : Emil Halim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *