Bawaslu Kolut Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

  • Whatsapp

Koluttimes – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) lakukan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif di Aula Puri Yasmin pada Rabu 7 September 2022.

Dalam kegiatan tersebut di hadiri perwakilan Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sederajat, kader dari berbagai organisasi kepemudaan serta lembaga profesi.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini dimaksud untuk memberikan pemahaman tentang Pengawasan Partisipatif serta mengajak peserta untuk berperan aktif dalam mengawal Demokrasi.

Ketua Bawaslu Kolut, Robi, S.Kep, Ns., dalam sambutannya mengatakan, sosialisasi ini dilaksanakan dengan dasar Bawaslu memiliki peran dan fungsi untuk meningkatkan pengawasan partisipatif. Rabu (7/9/2022)

“Kami harapkan melalui kegiatan ini, ada diskusi yang berjalan, agar kiranya kami dari Bawaslu Kolut dapat menyerap masukan-masukan dari peserta yang hadir,” ucap Robi

Lanjut Robi, yang juga Kordinator Divisi Hukum Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kolut, Bawaslu berfungsi untuk melakukan pencegahan, pengawasan, penindakan dan penyelesaian sengketa proses.

“Tetapi dalam negara demokrasi sebenarnya masyarakatlah yang menjadi stakeholder atau pelaku utama pengawasan,” jelasnya.

Karena itu masyarakat merupakan hal penting untuk ikut menunjang pelaksana pemilu yang luber (Langsung Umum Bebas Rahasia) Jurdil (Jujur dan Adil) serta Demokratis.

Dia juga mengajak kepada peserta yang hadir agar ikut serta menjadi pengawas partisipatif pada Pemilu serentak tahun 2024. Jika nanti menemukan adanya kecurangan dalam proses pemilihan agar melaporkan ke Bawaslu Kolut.

Di akhir penyampaiannya Robi menghimbau kepada seluruh peserta agar nantinya dapat menyampaikan informasi dari sosialisasi ini kepada teman dan keluarganya.

Penulis : Emil Halim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *