Mahasiswa Teknik Komputer Intens Muhammadiyah Kolut Menggelar Kegiatan LDK

  • Whatsapp

Koluttimes – Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Kolaka Utara (Kolut) mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dilaksanakan pada 11 sampai 12 februari 2023.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Institut Teknologi dan Sains Muhammadiyah Kolaka Utara (Intens MKU). Dengan tema Membangun Jiwa Kepemimpinan pada Generasi Muda di Era 4.0. Senin (13/2/023)

Bacaan Lainnya

Ketua Penyelenggara, Muh Ashar berharap, dengan adanya LDK tersebut, para siswa diharapkan mempunyai jiwa kepemimpinan di era Industri 4.0 dan juga bisa menjadi panutan bagi siswa-siswa lainnya.

“LDK ini dilaksanakan selama dua hari mulail 11 hingga 12 februari di SMKN 2 Kolaka Utara yang sebelumnya dinamai SMKN 1 Wawo,” terangnya.

Dekan Fakultas Teknik Intens MKU, Baso Sulham dalam sambutanya mengatakan, pentingnya menanamkan jiwa kepemimpinan pada generasi sekarang, mengingat perubahan yang begitu cepat sehingga sangat perlu kita siapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu beradaptasi dengan zaman.

“Menjadi seorang pemimpin haruslah dimulai dari diri sendiri dan bertindak dengan penuh tanggung jawab yang mutlak dilaksanakan,”ungkapnya.

Menurutnya, di antara karakter kepemimpinan itu adalah seorang pemimpin harus mampu melihat setiap masalah secara Holistik agar tidak salah dalam mengambil setiap keputusan dengan didasari jiwa besar, profesional, inovatif, serta mempunyai integritas yang tinggi.

“Maka dari itu melalui kegiatan LDK ini kami bermaksud membentuk karakter siswa agar mampu berpikir besar dan bertindak besar” imbuhnya.

Dalam LDK tersebut para narasumber berasal dari dosen Intens MKU dengan membawakan materi Kepemimpinan, Analisis SWOT, Keorganisasian dan Program Kerja, Manajemen Waktu, Revolusi Industri 4.0, Peningkatan SDM Berkualitas di Era New Normal, dan materi Wawasan Kebangsaan.

Sementara itu, salahsatu peserta LDK, Evi Reskianti mengungkapkan, sangat senang mengikuti kegiatan LDK ini, karena dalam kegiatan tersebut diajarkan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan keorganisasian dan kepemimpinan (leadership).

“Saya suka materi SWOT dan juga REVOLUSI INDUSTRI 4.0., karena di dalam materi SWOT kita diajarkan dan diberikan gambaran bagaimana cara agar kita dapat menyelesaikan sebuah masalah yang kita hadapi, di dalam materi itu pula kita diberikan pengetahuan bagaimana memanajemen sebuah usaha atau bisnis yang akan kita jalankan agar bisnis tersebut bisa tetap bertahan meskipun banyak saingan,” kata Evi. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *